RSS

Rabu, 20 Januari 2010

Tentang Kiamat 2012 ...

Dalam Islam perbincangan tentang eskatologi menjadi sebuah bidang tersendiri sebagai refleksi pengungkapan dimensi-dimensi metafisis dan ketuhanan yang berlandaskan pada ayat-ayat yang termaktub di dalam al-Qur’ān.

Eskatologi berasal dari kata eschalos dalam bahasa Yunani yang berarti “yang terakhir”, “yang selanjutnya”, dan “yang paling jauh”. Secara umum merupakan keyakinan yang berkaitan dengan kejadian-kejadian akhir hidup manusia seperti kematian, hari kiamat, hari berakhirnya dunia, saat akhir sejarah, dan lain-lain. Ketika kata eschalos disandingkan dengan kata logos yang menjadi eskatologi dalam bahasa Indonesia berarti ilmu atau pengetahuan tentang hal-hal akhir, hal-hal pamungkas, atau yang menyangkut realitas akhirat sebagai akhir kehidupan seperti kematian, kebangkitan, pengadilan terakhir, serta kiamat sebagai akhir dunia. Secara ringkas, seorang ilmuwan barat Barnhart menjelaskan, “Eschatology is a doctrine of the last or final things, specially death, judgement, heaven and hell.”

Aspek eskatologi dalam al-Quran menempati satu posisi yang amat penting. Berbeda dengan kitab-kitab lain, al-Quran lebih terperinci menjelaskan berbagai peristiwa yang akan terjadi pada hari kiamat. Namun, tentang kapan datangnya hari Kiamat, maka al-Qur’an menjelaskannya sebagai berikut :

“Mereka bertanya kepadamu tentang Kiamat: ‘Kapankah terjadinya.’ Katakanlah: ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang hari Kiamat itu adalah pada sisi Rabb-ku; tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba.’ Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang hari Kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.’” [Al-A’raaf: 187]

Dalam ayat lain dijelaskan : “Manusia bertanya kepadamu tentang hari Berbangkit. Katakanlah: ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang hari Berbangkit itu hanya di sisi Allah.’ Dan tahukah kamu wahai (Muhammad), boleh jadi hari Berbangkit itu sudah dekat waktunya.” [Al-Ahzaab: 63].

Juga ketika Malaikat Jibril mendatangi Nabi Muhammad Saw. kemudian bertanya: “Kabarkanlah kepadaku, kapan terjadi Kiamat?” Kemudian Nabi Saw. menjawab: “Tidaklah orang yang ditanya lebih mengetahui daripada orang yang bertanya.”

Maka jelaslah tidak ada seorang pun yang mengetahui kapan akan terjadinya hari kiamat, baik Malaikat, Nabi, maupun Rasul, masalah ini adalah perkara ghaib dan hanya Allah Swt. sajalah yang mengetahuinya. Meskipun waktu terjadinya hari Kiamat tidak ada yang mengetahuinya, akan tetapi Allah Swt. memberitahukan kepada Rasul-Nya tentang tanda-tanda Kiamat tersebut. Kemudian Rasulullah Saw. menyampaikan kepada ummatnya tentang tanda-tanda Kiamat. Para ulama membaginya menjadi dua: (pertama) tanda-tanda kecil dan (kedua) tanda-tanda besar.

Belakangan ini muncul isu kiamat akan tiba pada tahun 2012. Isu ini semakin hebat dibicarakan dimana-mana seiring semakin dekatnya tahun 2012, yang hanya 3 tahun dari sekarang. Bahkan muncul juga film dengan judul 2012 yang menceritakan akan terjadi kiamat pada tahun tersebut. Penulis tidak tahu siapa yang membawa isu ini, namun dari hasil browsing internet ada yang menyatakan bahwa isu ini berawal dari manuskrip suku Maya Kuno di Meksiko yang meramalkan bahwa tahun 2012 gelombang galaksi yang besar-besaran akan muncul yang mengakibatkan semua kegiatan di muka Bumi kita bermukim terhenti. Suku Maya merupakan salah satu suku kuno di dunia ini yang dikenal sebagai suku yang sangat detil memperhatikan dan menghitung bintang-bintang dan benda langit lainnya.

Lalu dalam buku ‘Apocalypse 2012’ (Lawrence E.Joseph: 2007), penulis berdarah Lebanon yang menjabat sebagai Ketua Dewan Direksi Aerospace Consulting Corporation di New Mexico ini dipaparkan dengan sangat jelas dan juga ilmiah tentang kemungkinan terjadinya bencana alam di tahun tersebut.

Bencana itu antara lain: siklus aktivitas matahari yang memuncak di tahun 2012 yang menyebabkan panas yang luar biasa di bumi, terlebih atmosfer kita sudah mengalami penipisan dan bolong di beberapa bagian sehingga selain memanaskan bumi dengan radikal juga melelehkan es di kutub dan juga menimbulkan badai serta topan yang dahsyat.

Medan magnet bumi yang berfungsi sebagai pertahanan utama bumi terhadap radiasi sinar matahari mulai retak bahkan ada yang sampai sebesar kota California di sana-sini. Pergeseran kutub juga tengah berlangsung.

Tata surya kita tengah memasuki medan awan energi antar bintang. Awan itu mengaktifkan dan merusak keseimbangan matahari serta atmosfer planet-planet. Para ahli geofisika Rusia berpendapat bahwa ketika bumi akan memasuki awan energi tersebut di tahun 2010 hingga 2020 dan akan menimbulkan bencana besar yang belum pernah ada sebelumnya.

Fisikawan UC Berkeley menyatakan dinosaurus serta spesies lainnya telah punah akibat tumbukan asteroid raksasa 65 juta tahun silam. Menurut siklus yang diperhitungkan secara ilmiah, seharusnya hal itu sudah terjadi lagi di saat-saat sekarang.

Supervulkan Yellowstone yang memiliki siklus letusan dahsyat setiap 600 hingga 700 ribu tahun tengah bersiap untuk meletus kembali. Beberapa perhitunmgan ilmiah lainnya turut mendukung pandangan ini.

Bahkan seorang tokoh spiritual Yahudi dunia bernama Titzchak Qadduri jauh-jauh hari sudah menyerukan kaum Yahudi agar sesegera mungkin meninggalkan daratan Amerika Serikat karena menurut perhitungannya, sebuah komet atau asteroid raksasa tengah meluncur di alam semesta dan mengarah serta akan menumbuk menuju daratan Amerika.

Penulis juga menemukan ada pendapat yang menyatakan bahwa penyebab lain terjadi kiamat 2012, yakni rencana jahat zionis Israel untuk menciptakan tatanan dunia baru atau The New World Order. Dunia baru yang dicanangkan oleh kelompok zionis Israel nantinya dengan mengurangi jumlah penduduk bumi hingga 90% dan menyisakan penduduk yang adalah golongannya sendiri.

Pengurangan jumlah ini didasari fakta bahwa dunia kita mempunyai terlalu banyak penduduk, sehingga sumber daya alam tidak mampu lagi menopang kebutuhan seluruh penduduk bumi yang berjumlah 6 milyar. Oleh karenanya di perlukan pengurangan penduduk dengan jumlah sangat besar, sehingga The New World nantinya benar-benar perwujudan dunia baru yang hanya di huni oleh mahluk-mahluk pilihan.

Penulis tidak tahu yang mana pendapat yang benar, dan juga tidak tahu apakah benar di tahun 2012 nanti akan terjadi kiamat. Namun yang pasti kiamat pastilah akan terjadi. Apalagi tanda-tanda kiamat yang dijabarkan Rasulullah Saw telah sangat jelas tampak dihadapan kita.

Banyak orang barangkali belum menyadari bahwa kondisi dunia dewasa ini ialah dalam kondisi dimana hampir segenap tanda-tanda kecil Kiamat yang diprediksikan oleh Nabi Muhammad Saw. telah bermunculan semua. Coba perhatikan beberapa contoh tanda-tanda kecil Kiamat berikut ini:

Perceraian banyak terjadi

Banyak terjadi kematian mendadak (tiba-tiba)

Banyak mushaf diberi hiasan (ornamen)

Masjid-masjid dibangun megah-megah tetapi sedikit sekali yang beribadah di dalamnya

Berbagai perjanjian dan transaksi dilanggar sepihak

Berbagai peralatan musik dimainkan

Berbagai jenis khamr diminum manusia

Perzinaan dilakukan terang-terangan

Para pengkhianat dipercaya (diberi jabatan kepemimpinan)

Orang yang amanah dianggap pengkhianat (penjahat/teroris)

Tersebarnya Pena (banyak buku diterbitkan)

Pasar-pasar (Mall, Plaza, Supermarket) berdekatan

Penumpahan darah dianggap ringan

Banyak pemakan riba

Merebaknya perjudian

Ghibah (gosip) menyebar di mana-mana

Banyak anak yang menentang orang tuanya

Banyak wanita berpakaian tapi telanjang

Jadi kalau kita perhatikan, contoh-contoh di atas jelas sudah kita jumpai di zaman kita dewasa ini. Bahkan bila kita buka kitab para Ulama yang menghimpun hadits-hadits mengenai tanda-tanda kecil Kiamat, lalu kita baca satu per satu hadits-hadits tersebut hampir pasti setiap satu hadits selesai kita baca kita akan segera bergumam di dalam hati: “Wah, yang ini sudah..!” Hal ini akan selalu terjadi setiap habis kita baca satu hadits. Laa haula wa laa quwwata illa billah....

Jika tanda-tanda kecil Kiamat sudah hampir muncul seluruhnya berarti kondisi dunia dewasa ini berada di ambang menyambut kedatangan tanda-tanda besar Kiamat. Dan bila asumsi ini benar, berarti dalam waktu dekat kita semua sudah harus bersiap-siap untuk menyambut datangnya tanda penghubung antara tanda-tanda kecil Kiamat dengan tanda-tanda besar Kiamat, yaitu diutusnya Imam Mahdi ke tengah ummat Islam. Hal ini menjadi selaras dengan isyarat yang diungkapkan Rasulullah Saw. mengenai dua pra-kondisi menjelang diutusnya Imam Mahdi.

“Aku kabarkan berita gembira mengenai Al-Mahdi yang diutus Allah ke tengah ummatku ketika banyak terjadi perselisihan antar-manusia dan gempa-gempa. Ia akan memenuhi bumi dengan keadilan dan kejujuran sebagaimana sebelumnya dipenuhi dengan kese-wenang-wenangan dan kezaliman.” (HR Ahmad).

Jika masa itu telah dilalui berarti akan tiba masa di mana akan muncul tanda-tanda besar kiamat. Di antara tanda-tanda besar akan terjadinya hari kiamat dijelaskan oleh.Rasulullah Saw. dalam sabdanya:

“Hari Kiamat tidak akan terjadi sehingga kalian melihat sepuluh tanda: (1) penenggelaman permukaan bumi di timur, (2) penenggelaman permukaan bumi di barat, (3) penenggelaman permukaan bumi di Jazirah Arab, (4) keluarnya asap, (5) keluarnya Dajjal, (6) keluarnya binatang besar, (7) keluarnya Ya’juj wa Ma’juj, (8) terbitnya matahari dari barat, dan (9) api yang keluar dari dasar bumi ‘Adn yang menggiring manusia, serta (10) turunnya ‘Isa bin Maryam Alaihissalam.”

Marilah kita menyikapi berbagai informasi ini dengan positif, entah kapan kiamat akan tiba, yang pasti ia akan tiba, hal ini sebagai pengingat bagi kita agar sadar bahwa bumi ini tidak abadi nantinya akan ada hari kiamat dan kehidupan akhirat yang kekal dan abadi dimana kita semua dimintai pertanggung-jawaban di hadapan Sang Maha Pencipta, maka berbuat baiklah kepada seluruh makhluk-Nya sebagai bekal menghadap-Nya. Jika memang tahun 2012 akan kiamat, semata-mata karena kehendak-Nya. Allah SWT pemilik rahasia ini, manusia tidak mungkin dapat mengetahuinya, Wallahu a’lam bisshowab..

0 komentar:

Posting Komentar